Tari Jawa

Gerak Badan Tari Jawa Yang Benar Yaitu

Gerak Badan Tari Jawa Yang Benar Yaitu Setiap daerah di Indonesia mempunyai kesenian tradisional tersendiri, termasuk alat musiknya. Salah satu yang harus kamu ketahui adalah alat musik Jawa Tengah. 

Gerak badan tari jawa masyarakat di Jawa Tengah tercatat sebagai salah satu kelompok produktif, terutama dalam hal kesenian dan kebudayaan. Tidak heran bila banyak alat musik yang ditemukan di daerah ini. 

Tidak hanya gerak badan tari jawa, bahkan beberapa alat musik Jawa Tengah ini sudah banyak dikagumi sampai ke luar negeri. Biasanya, gerak badan tari jawa itu bisa dilihat dalam pertunjukan gamelan. Dalam sejarahnya, musik Jawa Tengah mempunyai catatan yang cukup panjang. Alat musik gamelan sendiri adalah himpunan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. 

Tapi sayang gerak badan tari jawa saat ini tidak banyak kalangan muda yang mengenal betul alat musik tradisional tersebut. Sebab itu, sudah menjadi tugas kamu untuk memperkenalkan alat musik tradisional tersebut kepada generasi selanjutnya. Nah, untuk kamu yang penasaran, berikut adalah ulasan tentang alat musik Jawa Tengah yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

PRODI Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan pelatihan tari merak ulin kepada wargalokal dan turis asing di Desa Wisata Edukasi Cisaat, Ciater, Subang Jawa Barat.

Gerak Badan Tari Jawa Yang Benar Yaitu

Gerak badan tari jawa yang benar


Gerak Dasar Tari Daerah Jawa Gerak dasar tarian daerah Jawa memiliki keragaman yang berbeda-beda. 

Dikutip dari Buku Model Pelatihan Tari Merak Ulin Untuk Turis Asing (Triana, 2022), dan sesuai dengan namanya, tari merak ini mengadopsi perilaku seekor burung merak. Tari merak ulin mengandung gerakan kibasan ekor burung merak jantan untuk menarik perhatian burung merak betina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button