Uncategorized

Essay Tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi

Essay Tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi


Essay Tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi Sejak SMA, SMP, dan bahkan sejak SD kita mengenal Janji Siswa yang dibacakan setiap upacara bendera dilaksanakan. Namun, setelah menjadi mahasiswa kita akan mengenalTri Dharma Perguruan Tinggi. 


Terdengar asing bagi para mahasiswa baru, tapi apabiladitelaah lebih jauh Tri Dharma perguruan Tinggi merupakan suatu kewajiban dan tanggung jawab besar mahasiswa serta merupakan bentuk perwujudan visi dan misi perguruan tinggi di indonesia. 


Kewajiban pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi memang mulai dikenalkandari kehidupan kampus, tapi diharapkan pengamalan ini tidak berhenti sampai disitu. Tri Dharma Perguruan Tinggi yang sebenarnya akan melekat secara alamiah bagi para mahasiswa yang benar-benar memahami dan mengamalkannya dimanapun mereka berada.


Apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi Dalam && sisdiknas pasal ‘( ayat ) TriDharma Perguruan Tinggi menerangkan kewajiban perguruan tinggi terdiri dari tiga hal yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Tri Dharma Perguruan Tinggi ini sebenarnyamenerapkan fungsi perguruan tinggi yang universal atau luas cakupannya. Dari namanya saja, Tri Dharma Perguruan Tinggi, dapat kita ketahui ada tiga poin penting di dalamnya. 


Seperti yang telah disebutkan diatas, poin pertama adalah pendidikandan pengajaran. Pengertian pendidikan dan pengajaran adalah menerusakan dan melanjutkan pengetahuan yang telah dikembangkan melaui penelitian oleh mahasiswa di pergurun tinggi.


Pendidikan dan pengajaran juga dipandang sebagai transfer ilmu yang di dalamnya terdapat berbagai unsur seperti dosen yang mengajar, mahasiswa sebagai pelajar, kurikulum, sertasarana dan prasarana dalam kegiatan transfer ilmu tersebut.


Poin kedua adalah penelitian dan pengembangan. Tanpa dua hal tersebut sulit rasanya untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini. 


Penelitian dan pembangunan di perguruan tinggi dilaksanakan bukan untuk kemajuan saat ini saja, melainkan untuk bisa menciptakan dasar-dasar pembangunan baru yang bisa dimanfaatkan banyak masyarakat di masa yang akan datang. 


Poin ketiga adalah pengabdian pada masyarakat. Kita dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat dan diharapkan manfaatnya dapat terasadalam waktu relatif dekat. 


Dalam hal ini ilmu dianggap sebagai sarana untuk mendekatkandiri kepada masyarakat. Ilmu serta penelitian dan pengembangan yang ada mampu membantumasyarakat untuk bisa memenuhi keperluannya secara mandiri. Pada akhirnya, diharapkan adanya tanggapan baik dari masyarakat ke perguruan tinggi untuk dijadikan bahan penelitian dan pengembangan di masa depan yang berguna untuk semmua kalangan masyarakat.


Berbicara tentang penerapan di atas, akan terasa sia-sia jika kita sudah mulai mengenal Tri Dharma Perguruan Tinggi namun tidak ada usaha untuk menerapkannya. Menurut sayacara penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang paling mendasar adalah dengan memperhatikan lingkungan sekitar kita. 


Penerapan nilai yang pertama yaitu pendidikan dan pengajaran bisa dilakukan para mahasiswa dengan cara saling bertukar ilmu dan pikiran dengan sesama mahasiswa serta bisa juga dilakukan dengan melalukan seminar atau penyuluhan tentang dasar-dasar Tri Dharma Perguruan Tinggi kepada adik-adik di SMA atau sederajat yang akan meneruskan ke perguruan tinggi. 


Seminar dan penyuluhan bisa dilakukandi sekolah asal mahasiswa dan akan sangat bermanfaat bagi adik-adiknya kelak. Penerapan nilai yang kedua yaitu penelitian dan pengembangan bisa dilakukan dengan memperhatikan kejadian atau hal-hal apa yang sedang terjadi di masyarakat. 


Misalnya penelitian penyakit sakit kepala yang dianggap masyarakat sebagai penyakit ringan, ternyata malah akan berdampak besar dan bisa menyebabkan kematian. Dari penelitian tersebut bisa dikembangkan cara-cara baru dalam menyembuhkan dan mencegah sakit kepala. 


Penerapan nilai yang ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat bisa dilakukan dengan cara sebisa mungkin selalu dekat dengan masyarakat atau paling tidak dengan masyarakat sekitar kita,sering memberikan ilmu-ilmu dan penyuluhan yang sekiranya belum mereka ketahui sehingga pemikiran dan wawasan mereka akan bertambah luas dan dampak akhirnya mereka bisa memberikan saran dan kritik terhadap kita sebagai mahasiswa di perguruan tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.


Setelah mengetahui peran penting dan aplikasi penerapan nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi, ternyata isi dari Tri Dharma Perguruan tinggi saling berkaitan dan tidak hanya berlaku untuk Indonesia saja, tapi bisa berlaku juga untuk negara-negara berkembanglainnya.


Penelitian diperlukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi. Untuk dapat melakukan penelitian diperlukan adanya tenaga-tenaga ahli yangdihasilkan melalui proses pendidikan.


Ilmu pengetahuan yang dikembangkan sebagi hasil pendidikan dan penelitian itu hendaknya diterapkan melalui pengabdian pada masyarakat sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dan menikmati kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. 


Dan ketiganya harus saling diterapkan bersama-sama karena Tridharma merupakan fungsi Perguruan Tinggi yang universal. Seperti yang telahdijabarkan, ketiga isi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat, merupakan identitas pendidikan perguruan tinggi yang berorientasikan untuk kehidupan mahasiswa.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button