Uncategorized

Tempat Berakhirnya Aliran Sungai Di Laut

Tempat Berakhirnya Aliran Sungai Di Laut


Tempat Berakhirnya Aliran Sungai Di Laut – Anda sedang mencari jawaban untuk Tempat Berakhirnya Aliran Sungai Di Laut.


Seperti yang kita ketahui Indonesia terdiri dari beberapa pulau dan terbentang dari Sabang hingga Merauke, Indonesia memiliki 17.499 pulau dengan luas total wilayah Indonesia sekitar 7,81 juta km2. 


Dari total luas wilayah tersebut, 3,25 juta km2 adalah lautan dan 2,55 juta km2 adalah Zona Ekonomi Eksklusif. Hanya sekitar 2,01 juta km2 yang berupa daratan.


Jawaban dari soal ini berada di akhir kalimat paling bawah sendiri mengenai soal Tempat Berakhirnya Aliran Sungai Di Laut.


Bagaimana Aliran Sungai di Laut?

Dilansir dari buku Cerita Rakyat Desa Muara Gula Lama sebagai Sumber Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 9 Ujan Mas (2021) oleh Meysie Arsita dkk, berikut pengertian cerita rakyat:
“Cerita rakyat adalah sastra lisan yang telah dikenal sejak lama dan sudah menjadi tradisi dalam masyarakat secara turun-temurun.”
Bisa juga diartikan bahwa cerita rakyat merupakan kebudayaan besar yang diwariskan turun-temurun.
Cerita rakyat adalah kebudayaan tradisional di lingkungan masyarakat, sudah dikenal sejak lama, dan diwariskan kepada generasi selanjutnya.
Menurut Muhammad Yusnan dalam buku Nilai Pendidikan: Intelektualitas dalam Cerita Rakyat Buton (2022), biasanya cerita rakyat mengisahkan kejadian di suatu tempat.
Ciri khusus cerita rakyat yang membedakannya dengan karya sastra lainnya adalah penyebarannya. Cerita rakyat disebarkan dari mulut ke mulut.
Sehingga karakteristik ceritanya tidak memiliki sumber asli. Selain itu, cerita rakyat sering kali hanya disampaikan secara lisan, dan tidak ditulis dalam buku atau catatan.
Dengan demikian, para penutur cerita hanya mengandalkan ingatan saja. Terkadang jika mereka lupa, ada yang menambahkan beberapa bagian untuk melengkapinya.

Pengertian Muara Sungai

Muara atau hilir sendiri sebenarnya tidak hanya mempertemukan antara sungai dengan laut namun juga mempertemukan antara sungai dengan bentukan lahan lain seperti danau, waduk, atau bahkan ketika air sungai itu bertemu dengan sungai yang lebih besar lagi disebut juga dengan muara sungai. 
Banyak sekali sungai-sungai besar di Indonesia seperti sungai Serayu di Jawa Tengah, Sungai Bengawan Solo di Jawa Tengah hingga Jawa Timur, Sungai Kapuas di Kalimantan Barat dan masih banyak lagi yang dimana sungai itu merupakan sungai yang besar. Sungai yang besar ini berasal dari sungai-sungai yang lebih kecil yang menyatu yang kemudian bermuara di laut.

Kesimpulan

Jadi menurut penjelasan diatas Tempat Berakhirnya Aliran Sungai Di Laut yaitu Muara atau Hilir.


Tempat Berakhirnya Aliran Sungai Di Laut yaitu muara atau hilir. Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Hutan Yang Berada Di Daerah Pasang Surut Air Laut  beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button