Uncategorized

Melatih Kekuatan Otot Punggung Adalah Dengan Melakukan

Melatih Kekuatan Otot Punggung Adalah Dengan Melakukan


Melatih Kekuatan Otot Punggung Adalah Dengan Melakukan

Jenis Latihan untuk Meningkatkan Kekuatan Otot Punggung

  • Back Up
  • Pul Up
  • Sit Up

Penjelasan:

Karena :

Back Up

Back Up adalah bentuk latihan yang dilakukan untuk memperkuat otot punggung.

Pull up

Pull Up merupakan gerakan olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Otot tubuh yang terlatih ketika melakukan gerakan pull up di antaranya adalah otot punggung dan otot bisep.

Sit Up

Sit up adalah aktivitas fisik yang bisa dilakukan di rumah dan tidak membutuhkan alat bantu.

Gerakan sit up efektif untuk mengencangkan otot perut, pinggul, punggung bawah, dan juga leher.



Latihan yang Bisa Menguatkan Otot Punggung

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pull up yang tak kalah istimewa adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Menyadari bahwa penyakit yang berhubungan dengan jantung sangatlah berbahaya dan bisa mengancam nyawa seseorang. Oleh karena itu, olahraga sebagai bagian dari pola hidup sehat haruslah dijalankan meski dengan durasi dan gerakan yang sederhana saja. Sahabat Dream bisa memilih pull up sebagai latihan yang mampu menyehatkan jantung.


Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat pull up tidak hanya baik bagi kesehatan fisik dan melatih kekuatan saja, tetapi juga mampu meningkatkan kesehatan mental. Perlu disadari oleh setiap orang bahwa kesehatan mental sangatlah penting. Jika kesehatan mental seseorang terganggu, maka harus segera ditangani agar fisiknya juga tetap terjaga kesehatannya.


Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 lalu menemukan korelasi positif antara latihan kekuatan dengan berbagai masalah mental. Latihan pull up yang dilakukan secara rutin mampu mengurangi gejala kecemasan, meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi kelelahan, dan mengurangi depresi.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat pull up juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Meskipun tidak banyak membakar kalori, tetapu setidaknya latihan pull up bisa membakar sejumlah kalori. Jika sahabat Dream ingin lebih banyak membakar kalori, maka bisa dengan meningkatkan intensitas latihannya, banyak mengulang gerakannya, mempercepat gerakan, dan lebih sedikit untuk istirahat.


Ketika melakukan latihan pull up, maka jantung akan memompa dan meningkatkan metabolisme. Untuk melakukan olahraga diperlukan kalori dan pull up yang nantinya bisa membantu menurunkan berat badan.



Melatih Kekuatan Otot Punggung dengan Push Up

Push up termasuk latihan yang tidak memerlukan peralatan apapun dan dapat disesuaikan dengan kemampuan fisik Anda, namun manfaat push up banyak.


Pelatih kebugaran, Farren Morgan menyatakan push up menjadi olahraga yang bagus untuk menurunkan berat badan dengan melakukannya secara teratur, sekaligus latihan ini memperkuat punggung bawah dan bahu. 


“Push up mempengaruhi kesehatan sistem kardiovaskular Anda. Dengan meningkatkan aktivitas ini, sirkulasi darah dan kapasitas oksigen akan meningkat yang juga memperkuat jantung dan paru-paru,” jelas Morgan seperti yang dikutip dalam situs fitandwell.


Meskipun sering disebut sebagai latihan dada, otot-otot lain yang bekerja dengan push up tidak boleh diabaikan. Faktanya push up digolongkan sebagai latihan yang melatih otot trisep, bahu dan dada. 


Selain itu, berikut otot-otot tubuh bagian atas saat anda melakukan push up, termasuk otot di dada (pectoralis mayor dan pectoralis minor), otot di bahu (deltoid mayor dan minor), otot di punggung atas dan tengah (otot latissimus dorsi, rhomboids, dan trapeze), bisep, trisep, dan serratus anterior yang terletak di sisi dada bawah lengan atas. 



Melatih Otot Punggung agar kuat

Mengemudi selama berjam-jam dapat menyebabkan sakit punggung yang signifikan, jadi ini sangat penting persiapkan dengan baik sebelum melakukan perjalanan apa pun. Sekarang kita berada di tengah musim liburan, perjalanan dengan kendaraan pribadi berlipat ganda secara eksponensial. Kebanyakan orang memperhitungkan perawatan kendaraan, revisi dan segala sesuatu yang diperlukan untuk melakukan perjalanan dengan semua tindakan pencegahan.


Namun mekanik, meski penting, bukan satu-satunya hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan dengan mobil. Apalagi jika perjalanan jauh itu akan menjadi awal dari liburan. Karena jika tidak, Anda mungkin menderita akibatnya di tubuh Anda sendiri dan Anda tidak akan dapat menikmati hari-hari istirahat Anda sepenuhnya jika Anda menyeret sakit punggung yang kuat.


Atur tempat duduk dengan baik

Mempersiapkan ruang dengan baik sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan berkendara. Langkah pertama adalah mengkondisikan jok agar bisa berkendara dengan nyaman, aman dan juga terhindar dari sakit pinggang. Untuk melakukan ini, Anda harus mengikuti langkah-langkah ini yang akan membantu Anda mengatur kursi berdasarkan kebutuhan Anda.


Mengatur jarak. Selain dapat melakukan manuver yang diperlukan dengan lebih nyaman, memiliki jarak yang baik antara tubuh Anda dan roda kemudi sangat penting agar punggung Anda tidak tegang. Untuk menemukan postur yang benar, Anda harus mulai dengan kaki Anda, yang harus berada pada sudut yang sesuai sehingga Anda dapat menginjak pedal dengan nyaman.Tinggi juga penting. 


Jika Anda harus meregangkan punggung untuk visibilitas, Anda akan mengalami perjalanan yang tidak aman dan kemungkinan sakit punggung pada akhirnya. Ketinggian yang benar adalah ketinggian di mana Anda dapat melihat seluruh kap melalui kaca depan.

Bagaimana cara memasang sandaran?. Bagian kunci untuk menghindari sakit punggung. Itu harus dimiringkan 15 hingga 20 derajat ke belakang.

Sandaran kepala juga penting. Bukan untuk kenyamanan, itu karena jika terjadi kecelakaan mencegah masalah serviks. Tapi itu juga mencegah ketidaknyamanan mengemudi. 


Bagian tengah harus terletak setinggi telinga Anda. Akhirnya, roda kemudi. Lutut tidak boleh berbenturan dengan setir, tangan akan diletakkan pada sudut 90 derajat agar bisa bermanuver dengan mudah. Bahu dan punggung harus ditopang dengan baik dan direlaksasi, ketegangan pada akhirnya akan menciptakan kontraktur otot.



6 Penyebab Sakit Punggung yang Menyiksa

Sakit punggung dialami oleh banyak orang. Cedera, aktivitas fisik yang berat, dan beberapa kondisi medis, bisa menjadi penyebab sakit punggung yang menyiksa.


Punggung manusia terdiri atas struktur yang kompleks dari otot, ligamen, tendon, sendi, cakram atau disk, dan tulang. Semua ini bekerja secara bersama-sama untuk menopang tubuh dan memungkinkan kita untuk bergerak.


Bagian tulang belakang dilapisi dengan bantalan seperti tulang rawan yang disebut cakram atau disk.


Adanya masalah dengan salah satu dari komponen pada punggung, bisa menyebabkan sakit punggung yang menyiksa.


Mengutip dari Medical News Today, berikut beberapa penyebab sakit punggung yang paling umum:


CederaPenyebab sakit punggung yang paling umum berasal dari otot yang tegang, tekanan tinggi di area punggung, dan cedera. Otot atau ligamen yang tegang, kejang otot, otot tegang, cakram atau disk yang mengalami kerusakan atau masalah, jatuh, patah tulang, dan cedera, merupakan alasan mengapa punggung Anda terasa sakit.


Aktivitas yang dapat meningkatkan risiko otot tegang yakni:


  • Mengangkat beban yang terlalu berat.
  • Mengangkat sesuatu dengan postur tubuh yang salah.
  • Membuat gerakan secara tiba-tiba.

ArthritisOsteoarthritis bisa menyebabkan masalah pada persendian di pinggul, punggung bawah, dan berbagai area tubuh lainnya. Dalam beberapa kasus, ruang di sekitar sumsum tulang belakang bisa menyempit. Kondisi ini dikenal dengan stenosis tulang belakang. Saat kondisi ini terjadi, maka sakit punggung menjadi masalah yang tak terhindarkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button